Hari Donor Darah Sedunia

HARI DONOR DARAH SEDUNIA

Halo Guys! Banyak dari kita yang belum tahu di tanggal 14 Juni setiap negara di dunia memperingati World Blood Donor Day, atau biasa kita sebut Hari Donor Darah Sedunia.

Peringatan ini telah rutin diperingati setiap tahunnya sejak tahun 2004. Kenapa harus diperingati di tanggal 14 Juni? Penetapan Hari Donor Darah Sedunia ini bertepatan dengan hari kelahiran Karl Landsteiner, pemenang hadiah Nobel sekaligus penemu sistem golongan darah A-B-O. Sebagai apresiasi tentunya atas jasa untuk kehidupan umat manusia hingga saat ini.

            Tujuan dari peringatan Hari Donor Darah Sedunia adalah untuk meningkatkan sukarelawan baru untuk mendonorkan darah serta kesadaran masyarakat akan pentingnya kegiatan donor darah. Selain itu, peringatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada seluruh pendonor darah di seluruh dunia yang telah bersedia secara rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. Sebuah hal sederhana demi terselamatkannya nyawa sesama 🙂

            Berbicara tentang Donor Darah, di bawah ini terdapat beberapa fakta menarik agar semakin mendorong kalian untuk menjadi bagian dari aksi kemanusiaan ini! check it out!

  1. Donor darah baik untuk jantung

Melakukan donor darah secara rutin dapat mengurangi kekentalan darah, hal tersebut akan membuat aliran darah semakin lancar ketika mengalir melalui pembuluh darah yang tentunya akan memperingan kerja jantung pula.

  1. Sekitar 112,5 juta darah donasi terkumpul setiap tahunnya dari seluruh dunia.
  2. Setiap komponen darah memiliki manfaat untuk pasien yang membutuhkan.
  3. Donor darah dapat mengurangi resiko kanker

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh sel kanker adakah zat besi, Donor darah dapat mengurangi ketersediaan zat besi dalam tubuh. Hal inilah yang dapat mengurangi resiko tumbuhnya kanker.

  1. Berdasarkan American Red Cross, terdapat seseorang yang membutuhkan darah setiap dua detik di Amerika Serikat.
  2. Berdasarkan Community Blood Bank of Northwest Pennsylvania and Western New York, kekurangan stok darah sering terjadi ketika masa liburan.
  3. Mayoritas darah hasil donor disalurkan kepada pasien penderita kanker.

Tentunya masih banyak alasan lain yang dapat membuat kita semakin yakin akan kebermanfaatan yang didapat dari aksi sederhana ini. Blood Connects us All!

For more info :
http://www.who.int/campaigns/world-blood-donor-day/2018
www.indiacelebrating.com/events/world-blood-donor-day/amp/

Hari Donor Darah Sedunia